Tips | Cara Menahan Haus Dan Lapar Disaat Menjalankan Puasa

Puasa - Dari sekian banyaknya artikel yang sudah saya tulis dalam blog anpasgin.com ini, yang sebelemunya saya memosting artikel Doa Tahajud dan kali ini saya akan sedikit sharing bagaimana caranya menahan diri kita disaat sedang menjalankan puasa apalagi terhadap godaan-godaan makanan dan minuman disaat sedang menjalankan ibadah puasa terutama dalam menjalankan puasa ramadhan, puasa ganti dan puasa kiparat atau nadzar.

Sebelum saya memberi tahu tips-tips untuk menahan lapar disaat sedang menjalankan puasa perlu diketahui dulu apa yang dimaksud dengan puasa.!! yang dimaksud dengan puasa atau Pengertian Puasa adalah menahan diri kita dari makanan dan minuman yang masuk kedalam perut, tapi yang paling utama pengertian dari puasa adalah menahan segala hawa nafsu yang timbulnya dari nafsu kita. Adapun untuk hukum Puasa dibulan Ramadhan adalah wajib bagi seluruh umat muslim dan tidak diharuskan untuk non muslim.

Berikut dibawah ini beberapa tips agar disaat kita menjalankan ibadah puasa tidak merasakan kelaparan maupun kehausan, Selamat menyimak...
Disaat sahur sebaiknya lihat resep dibawah ini :

"Pilihlah makanan-makanan yang bertahan lama dilambung agar asupan energi selama berpuasa bisa terpenuhi. Untuk itu, perbanyaklah sayuran dan makanan-makanan kaya karbohidrat seprti kacang-kacangan yang bisa mengikat air yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa"

"Makan sahur saat mendekati waktu imsak. Misalnya seperempat atau setengah jam sebelum imsak. Makan sahur saat mendekati waktu imsak ini juga menjadi salah satu sunnah dalam menjalankan ibadah puasa"

"Disaat sahur jangan makan mie Instant, Kaeran mie instant tidak dapat menahan hingga maghrib karena Mie Instant memiliki kandungan dimana jika anda memakannya anda akan merasa memiliki rasa dahaga atau rasa haus yang tinggi. Jadi disamping kita kenyang tapi baru minum sedikit kita sudah merasa haus karena tenggorokan kering"

"Disaat sahur sebaiknya makan makanan yang berbau sayur mayur, Karena sayur sayuran bisa menyebabkan daya tubuh kita menjadi sehat dan kuat"

"Lengkapi menu sahur sekeluarga dengan segelas susu atau teh manis. Tapi, khusus untuk teh manis, batasi jumlahnya. Terlalu banyak teh manis akan membuat anda lebih sering buang air kecil. Jangan lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup saat sahur"

"Hindari makanan yang berbumbu terlalu menyengat atau pedas"

Adapun disaat buka puasa sebaiknya :

"Segeralah berbuka agar gula darah yang berkurang selama berpuasa bisa segera tergantikan. Tapi, hindari porsi makan yang berlebihan dan tidak perlu berupa makanan berat yang lengkap"

"Hindari lapar mata dengan langsung menyantap semua hidangan yang ada di meja. Sesuai sunnah rasul, tiga butir kurma ditambah segelas air putih sudah cukup untuk mengakhiri puasa anda. Dengan begitu, pencernaan anda tidak akan kaget karena langsung dipaksa bekerja keras setelah beristirahat selama beberapa belas jam"

"Hindari langsung memakan makanan pembuka yang terlalu manis dan berlemak"

"Hindari pula langsung meminum minuman dingin saat berbuka agar anda tidak mudah terserang radang tenggorokan. Lebih baik awali saja dengan meminum minuman hangat sebelum makan makanan berat"


Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sajikan, Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa memberikan sebuah wawasan pengetahuna baru untuk yang sudah membaca.
Selamat menjalankan ibadah puasa.. Lihat juga : Menu Buka Puasa

Artikel Lainnya :

Update Artikel Hari »