Bacaan Doa Amalan Malam Nisfu Bulan Sya'ban Arab Latin Lengkap Artinya

Doa Malam Nisfu Sya'ban - Bulan Sya'ban adalah bulan ke delapan dalam tahun hijriyah atau bulan yang lebih dekat pada bulan ramadhan, pada bulan ini umat muslim dianjurkan untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang hukumnya sunnah yang diantaranya adalah menjalankan puasa sunnah dan juga amalan-amalan sunat lainnya pada bulan sya'ban.

Adapun didalam sejarah kaum muslimin ada yang berpendapat bahwa pada saat itu terjadi pemindahan kiblat kaum muslimin dari baitul maqdis kearah masjidil haram, seperti yang diungkapkan Al Qurthubi didalam menafsirkan firman Allah swt :

سَيَقُولُ السُّفَهَاء مِنَ النَّاسِ مَا وَلاَّهُمْ عَن قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُواْ عَلَيْهَا قُل لِّلّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ يَهْدِي مَن يَشَاء إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Artinya : “Orang-orang yang kurang akalnya diantara manusia akan berkata: "Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka Telah berkiblat kepadanya?" Katakanlah: "Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus". (QS. Al Baqoroh : 142)


Al Qurthubi mengatakan bahwa telah terjadi perbedaan waktu tentang pemindahan kiblat setelah kedatangannya saw ke Madinah. Ada yang mengatakan bahwa pemindahan itu terjadi setelah 16 atau 17 bulan, sebagaimana disebutkan didalam (shahih) Bukhori. Imam Malik meriwayatkan dari Yahya bin Said dari Said bin al Musayyib bahwa pemindahan itu terjadi dua bulan sebelum peperangan badar. Ibrahim bin Ishaq mengatakan bahwa itu terjadi di bulan Rajab tahun ke-2 H.

Ketika malam nisfu sya'ban telah tiba maka umat islam disunatkan menghidupkan malam Nisfu sya’ban dengan perbuatan beribadah seperti melakukan sholat sunnah tasbih, membaca Alquran, membanyakan Berdzikir, membaca Sholawat, dan Berdoa dengan niat:
  • Panjang umur sihat wal’afiat dalam taat dan ibadah kepada Allah.
  • Selamat dari pada musibah, bala, penyakit, wabak penyakit.
  • Minta rezeki yang halal dan kaya hati dari sekalian makhluk dan mati dalam keadaan husnul khatimah baik kesudahan.
  • Dan sekurang-kurangnya pada malam Nisfu Sya’ban beribadah dengan mengerjakan Solat Isyak berjamaah dan Solat Subuh berjamaah.

Doa Nisfu Sya'ban

Bacaan Doa Amalan Malam Nisfu Bulan Sya'ban
Bacaan Doa Amalan Malam Nisfu Bulan Sya'ban
Bacaan Doa Amalan Malam Nisfu Bulan Sya'ban
Bacaan Doa Amalan Malam Nisfu Bulan Sya'ban

“Allahumma Yaa Dzal Manni Walaa Yumannu ‘Alaika Yaa Dzal Jalaali Wal Ikraam, Yaa Dzath Thauli Walin’aam, Laa Ilaaha Illaa Anta, Dhahral Laajiin, Wa Jaarol Mustajiiriin, Wa Aamaanal Khaaifiin, Allaahumma In Kunta Katabtanii ‘Indaka Fii Ummil Kitaabi Syaqiyyan Au Mahruuman Au Mathruudan Au Muqtarran ‘Alayya Fir Rizqi, Famhullaahumma Bi Fadllika Fii Ummil Kitaabi Syaqaawatii Wa Hirmaanii Wa Thardii Waiqtaaro Rizqii Wa Ats-Bitnii ‘Indaka Fii Ummil Kitaabi Sa’iidan Marzuuqon Muwaffaqollil Khairaat. Fa Innaka Qulta Wa Qaulukal Haqqu Fii Kitaabikal Munzalli ‘Alaa Nabiyyikal Mursali, Yamhullaahu Ma Yasyaau’ Wa Yutsbitu Wa ‘Indahuu Ummul Kitaab. Ilaahii Bittajallil A’dhami Fii Lailatin Nishfi Min Syahri Sya’baanal Mukarramil Latii Yufraqu Fiihaa Kullu Amrin Hakiim, Wa Yubramu Ishrif ‘Annii Minal Balaai’ Maa A’lamu Wa Maa Laa A’lamu Wa Anta ‘Allaamul Ghuyuub, Birahmatika Yaa Arhamar Raahimiin.“

Terjemahan : “Ya Allah Tuhanku Pemilik nikmat, tiada ada yang bisa memberi nikmat atasMU. Ya Allah Pemilik kebesaran dan kemuliaan. Ya Allah Tuhanku Pemilik kekayaan dan Pemberi nikmat. Tidak ada yang patut disembah hanya Engkau. Engkaulah tempat bersandar. Engkaulah tempat berlindung dan padaMUlah tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan. Ya Allah Tuhanku, jika sekiranya Engkau telah menulis dalam buku besarMU bahwa adalah orang yang tidak bebahagia atau orang yang sangat terbatas mendapat nikmatMU, orang yang dijauhkan daripadaMU atau orang yang disempitkan dalam mendapat rizki, maka aku memohon dengan karuniaMU, semoga kiranya Engkau pindahkan aku kedalam golongan orang-orang yang berbahagia, mendapat keluasan rizki serta diberi petunjuk kepada kebajikan. Sesungguhnya Engkau telah berkata dalam kitabMU yang telah diturunkan kepada RasulMU, dan perkataanMU adalah benar, yang berbunyi: Allah mengubah dan menetapkan apa-apa yang dikehendakiNYA dan padaNYA sumber kitab. Ya Allah, dengan tajalliMU Yang Mahabesar pada malam Nisfu Sya’ban yang mulia ini, Engkau tetapkan dan Engkau ubah sesuatunya, maka aku memohon semoga kiranya aku dijauhkan dari bala bencana, baik yang aku ketahui atau yang tidak aku ketahui, Engkaulah Yang Mahamengetahui segala sesuatu yang tersembunyi. Dan aku selalu mengharap limpahan rahmatMU ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih.”

Adapun untuk bacaan niat puasa sya'ban adalah sebagai berikut

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

Latin : Nawaitu Shauma Syahri Sya'baani Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa
Artinya Indonesia : Saya niat puasa bulan sya’ban sunnah karena Allah ta’ala
Hartosna Sunda : Abdi niat puasa bulan sya'ban sunat karana Alloh ta'ala

Mungkin dari artikel diatas ada manfaatnya, Rupanya untuk pembahasan Doa Nisfu Sya'ban dicukupkan demikian. Baca juga Niat Puasa Ramadhan

Update Artikel Hari »