Bacaan Doa Dan Tata Cara Sujud Sahwi Sajdah Yang Benar Lengkap Artinya

Bacaan doa Dan Tata Cara sujud sahwi - Baiklah setelah kita bahas bacaan doa qunut marilah kita bahas tentang bacaan sujud syahwi yang baik dan benar,sujud syahwi merupakan pekerjaan dikala kita lupa dalam beribah kepada allah. Adapun penyebab kita di haruskan bersujud syahwi misalnya meninggalkan rukun qhauli, afali,seperti lupa ruku, membaca doa qunut ,membaca alfatihah ketika duduk tasyahud atau thahiyat(memindahkan rukun qhauli atau ucapan ke dalam rukun afali atau pekerjaan dalam sholat)

Adapun hukum sujud syahwi menurut madzahibularba'ah(madzhab yang 4), kalau menurut madzhab imam hanafi hukumnya wajib dan berdosa bagi siapa yang meninggalkannya tetapi tidak membatalkan sholat, Kalau menurut madzhab imam syafi'i hanya wajib dalam keadaan tertentu yaitu ketika imam melakukan sujud syahwi maka makmum wajib mengikuti imam, jika makmum tidak mengikuti imam bersujud syahwi maka sholat si makmum maka hukumnya batal dan wajib mengulangnya kembali, dan jika imam tidak sujud syahwi maka bagi makmum tidaklah wajib untuk melaksanakannya melainkan hukumnya menjadi sunnath untuk perorangan(masing-masing).

Dan adapun kalau menurut madzahab imam maliki hukum melakukan sujud syahwi adalah "sunnah baik itu untuk imam maupun untuk makmum(masing-masing),menurut madzhab imam hambali hukmnya adalah "wajib hanya ketika kita lupa atau seseorang lupa atau meninggalkan rukun atau kewajiban sholat,sunnah jika dilakukan tanpa ada sebab lupa atau meninggalkan rukun sholat.

Bacaan Doa Dan Tata Cara Sujud Sahwi Sajdah Lengkap

Itulah madzhab tersebut yang mempunyai pendapat masing-masing semunya itu benar yang tidak benar itu yang tidak melaksanaknnya dan tidak bermadzhab yang empat tersebut. Adapun caranya yaitu kalau menurut imam syafi'i dua kali sebelum mau salam,jika kita syaka atau mang-mang dalam sholat maka buanglah sifat mang-mang tersebut karena akan menibulkan batalnya sholat kita, adapun bacaanya yaitu.

Doa Sujud Sahwi Arab

سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَامُ وَلاَيَسْهُوْ

Latin : Subhaana Mal-Laa Yanaamu Walaa Yashuu

Doa tersebut dibacanya sebanyak 3 kali. Kemudian bangun dari sujud, dan duduk diantara dua sujud seperti sujud biasanya, kemudian sujud lagi dengan membaca bacaan yang sama seperti bacaan sujud sahwi diatas, kemudian bangun dari sujud, duduk dan salam.

Terimakasih untuk semuanya yang sudah berkunjung ke blog kami yang sudah memaparkan doa dan tata cara sujud sahwi, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dijadikan sebuah ilmu bagi yang sudag membaca penjelasan diatas.

Update Artikel Hari »