Bacaan Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha 9-10 Bulan Dzulhijjah

Advertisement
Advertisement
Niat Puasa Sebelum Idul Adha - Alhamdulillah segala puji milik Alloh Swt kita dapat dipertemukan kembali dalam pembahasan seputar orang islam yang mana kali ini kami akan sharing seputar puasa sebelum idul adha atau orang-orang menyebutnya puasa arafah dan tarwiyah pada bulan dzulhijjah atau bulan idul adha.

Bagi sahabat semua yang masih belum hapal atau lupa dengan bacaan niat puasa idul adha mari kita simak selengkapnya pada pembahasan kami kali ini yang akan menjelaskan tentang beberapa keutamaan puasa idul adha dan juga niat puasa arafah dan tarwiyah sebelum idul adha yang lengkap dengan tulisan bahasa arab dan latin juga artinya.

Puasa arafah ini dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum hari idul adha, dan lebih Tepatnya lagi yaitu pada waktu jamaah haji sedang melaksanakan ibadah wukuf di Arafah. Dan hukum puasa arafah ini sunnah muakad (sunnah yang dianjurkan).

Bacaan Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha Bulan Dzulhijjah

Berikut ini adalah beberapa hadist yang membahas tentang puasa arafah dan tarwiyah sebelum idul adha. Hadits Ummul Mukminîn ‘Aisyah radhiyallâhu ‘anha yang dikeluarkan oleh Muslim yang redaksinya, “Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam sama sekali tidak pernah berpuasa sepuluh (hari awal Dzulhijjah).”

Dikeluarkan oleh an-Nasâi dan lainnya dari jalur seorang rawi yang bernama Hunaidah bin Khâlid, terkadang ia meriwayatkannya dari Hafshah ia berkata, “Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam: (diantaranya): puasa sepuluh (hari awal Dzulhijjah).”

Terdapat hadits yang diriwayatkan Imam Ad Dailami bahwa puasa pada dua hari tersebut yakni pada hari arafah dan tarwiyah maka orang yang mengerjakan puasanya akan dihapuskan dosa baginya hal itu berdasarkan sebuah hadist yang berbunyi :

صَوْمُ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ كَفَّارَةُ سَنَةٍ، وَصَوْمُ يَوْمِ عَرفَةَ كَفَّارَةُ سَنَتَيْنِ

“Puasa pada hari tarwiyah menghapuskan (dosa) satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.”

Setelah kita membahas tentang puasa arafah dan tarwiyah secara singkat kita menginjak pada pokok pembahasan utama yaitu lafadz bacaan niat puasa arafah dan tarwiyah sebelum idul adha, dan lihat selengkapnya dibawah ini.

Niat Puasa Sunah Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

Sebelumnya saya mohon maaf atas segala kekurangan dari blog kami, mungkin saja terdapat kesalahan karena kami juga seorang hamba yang tak pernah luput dari dosa dan salah, mudah-mudahan dari artikel niat puasa idul adha diatas dapat memberikan sebuah manfaat bagi semuanya, amiin.

Update Artikel Hari »