Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha Arab Latin Lengkap Artinya

Advertisement
Advertisement
Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha - Sebentar lagi kita akan menemui kembali hari besar yang selalu dirayakan oleh umat islam, setelah kemarin kita sudah merayakan lebaran idul fitri kini kita akan berjumpa lagi dengan hari raya lagi yaitu hari raya idul adha atau juga suka disebut dengan hari raya qurban yang mana didalamnya terkandung puasa sunnah yang biasa dilakukan oleh umat muslim yaitu puasa sebelum idul adha (puasa arafah dan tarwiyah)

Namun puasa sebelum idul adha (arafah & tarwiyah) tidak harus dilakukan, karena kalau kita membahasakan dengan bahasa "harus" itu kesannya lebih dekat dengan hukuman wajib, yang padahal hukumnya itu sunnah namun sunatnya muakkad dalam arti puasa sunnah yang dianjurkan bagi orang islam yang mampu untuk melaksanakannya.

Puasa sebelum idul adha atau yang kerap kita bahasakan dengan puasa arofah dan tarwiyah ini adalah puasa sunah yang dianjurkan oleh nabi besar kita yakni Nabi Muhammad Saw, hal itu berdasarkan sebuah hadist yang menjelaskan “…puasa hari Arafah, saya (Nabi Saw) berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..” (HR. Muslim dan Ahmad).

Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha Arab Latin Lengkap Artinya

Selain itu juga dibolehkan berpuasa sunah yang dimulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 8 Dzulhijjah. Jadi, kalau dilaksanakan, maka puasa sunahnya dari tanggal 1 s/d 9 Dzulhijjah, berdasarkan hadits yang berisi anjuran memperbanyak ibadah di 10 hari pertama pada bulan Dzulhijah, berikut dibawah ini hadist yang menjelaskan tentang demikian.

“Dari Ibni Abbas r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidak ada amal yang lebih dicintai Allah dari hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah)’. Mereka (para sahabat) bertanya, ‘Ya Rasulullah SAW, dibandingkan dengan jihad fi sabilillah?’ Jawab Rasul, ‘Meskipun dibandingkan dengan jihad fi sabililllah…” (HR. Jamaah kecuali Muslim dan Nasai, Nailul Authar: 3/312).

Puasa sunnah yang dilaksanakannya pada tanggal 8 dan 9 dibulan dzulhijjah sebelum idul adha mengandung banyak makna keistimewaan dan keutamaan. Puasa pada tanggal 8 dzulhijjah atau yang kerap disebut puasa tarwiyah adalah puasa yang dilakukan sebelum wukuf dan untuk puasa arafah 9 dzulhijjah sendiri adalah puasa sunnah yang mana para jema'ah haji sedang melaksanakan wukuf di padang arafah.

Niat Puasa Sunah Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Terjemahannya : Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

Semoga saja dari artikel diatas dapat bermanfaat dan membantu bagi semua yang sudah berkunjung ke blog anpasgin.com ini, demikian ulasan kami mengenai niat puasa arafah yang dapat kami sajikan kali ini. Untuk melihat ucapan idul adha sahabat bisa lihat pada postingan kami yang sebelumnya.

Update Artikel Hari »